Jual sabun herbal handmade untuk perawatan kulit alami

Ciri Kulit Kering, Penyebab Dan Cara Merawatnya

Kulit kering - Kulit kering yaitu keadaan yang dihadapi kulit dimana ada kekurangan cairan di susunan terluar kulit, seperti lengan, tangan, serta kaki yaitu merupakan ruang yang paling rawan mengalami masalah ini. Dalam dunia medis, kulit kering pada umumnya dinamakan dengan xerosis atau xeroderma. Keadaan ini dapat dihadapi siapapun tanpa  melihat jenis kelamin, serta tergantung pada keadaan kesehatan, rumah, lamanya keadaan saat di ruang terbuka, dan umur. Beberapa lansia lebih rawan mengalami kulit kering.

kulit kering.jpg

Ciri-Ciri Kulit Kering

Pada beberapa kecil orang, kulit kering dihadapi selama hidup mereka. Tetapi untuk umumnya orang, keadaan ini biasanya cuma sesaat, sangat berkaitan pada beberapa keadaan yang sudah dijelaskan diatas.

Sesuai namanya kulit kering memiliki tanda-tanda atau ciri-ciri sebagai berikut :

- Kering
- Kusam
- Transparan
- Kasar
- Condong retak
- Pecah-pecah
- Terlihat kaku serta tegang
- Mengalami bercak pada beberapa tempat tertentu
- Berbusik pada musim dingin
- Cepat merah di bawah cahaya matahari dengan pori-pori yang nyaris tak terlihat.


Bila anda mempunyai type kulit dengan tanda-tanda di atas anda mesti super ektra merawatnya, lantaran kulit dengan type yang dijelaskan di atas menjadikan kulit ini cepat keriput serta pembuluh darah bakal terlihat di balik kulit ini. Sesungguhnya kulit kering bisa dibebabkan lantaran penggunaan sabun yang terlalu berlebih, pembersih kimiawi, sistem penuaan, serta penyakit kulit kritis, kekeringan kulit juga memanglah dapat berlangsung akibat keturunan, umpamanya iktiosis atopik.

Penyebab Kulit Kering

Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya kulit kering. Faktor-faktor tersebut antara lain :

1. Iritasi

Iritasi yang menimpa kulit dapat dikarenakan oleh kain sebagai bahan baju yang dipakai. Benda-benda yang dipakai untuk membersihkan pakaian seperti deterjen serta pelembut kain dapat pula jadi penyebabnya iritasi. Beberapa barang penyebab iritasi banyak yang dekat dalam kehidupan kita, dari mulai pengering sampai minyak wangi.

2. Menggosok-gosok kulit

Satu diantara aktivitas  membersihkan kulit adalah menggosok kulit. Akan tetapi aktivitas ini dapat mengakibatkan kulit kering yaitu bila menggosok-gosok kulit terlampau keras.Terlebih bila waktu mengerjakannya memakai alat gosok seperti spon. Gesekan yang berlangsung pada alat gosok serta kulit akan meningkatkan kekeringan pada kulit.

3. Usia yang bertambah

Semakin tambah umur, kekeringan pda kulit akan semakin terasa. Pergantian ini adalah lumrah mengingat semakin tua seorang semakin menyusut hormon yang di produksi badan. Termasuk juga hormon-hormon yang berkaitan dengan kesehatan kulit akan semakin berkurang.

4. Berhanduk segera sesudah mandi

Mandi bisa menolong melembapkan kulit. Tetapi, bila seorang segera menggosok-gosok tubuh dengan handuk hingga kering selekasnya setelah mandi, kelembaban itu bisa hilang.

5. Penggunaan sabun yang salah

Jangan pernah salah menggunakan sabun untuk mandi. Menggunakan sabun yg tidak ditujukan untuk kulit malah merugikan. Hal itu bakal membikin pelembap alami yang berperan melembapkan kulit terkikis hingga memikin kulit kering.

6. Pergantian cuaca

Pergantian cuaca juga punya pengaruh pada tingkat kelembaban udara. Kelembaban udara yang sangat rendah  bakal beresiko pada tingkat kekeringan kulit. Semakin rendah kelembabannya,  kulit akan semakin merasa kering.

7. Mandi uap

Mandi uap panas dapat memberi kesenangan lebih waktu mandi. Tetapi hal itu dapat mengakibatkan kulit kering lantaran temperatur yang panas dapat membikin minyak alami kulit semakin cepat kering.

8. Keadaan kesehatan tertentu

Bila keadaan kulit seorang mempunyai tanda-tanda  bersisik serta kemerahan, mungkin saja berkaitan dengan penyakit spesifik. Yaitu dermatitis atopik atau psoriasis yang umumnya melatarbelakangi hal itu. Kulit bersisik serta kemerahan mungkin saja juga berkaitan keadaan medis berbentuk diabetes atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

Cara Merawat Kulit Kering

Dibawah ini akan diuraikan beberapa cara untuk mengatasi kulit kering secara alami.

1. Rajin membersihkan
Menentukan sabun untuk membersihkan muka yang sesuai sama keadaan kulit adalah sangat penting. Gunakan sabun pembersih muka yang bebas dari bahan-bahan kimiawi. Anda butuh rajin membersihkan kulit yang kering supaya tidak terlihat kusam. Untuk pengelupasan, pakai masker berbahan alami seperti labu, yogurt, serta pepaya.

2. Madu
Kembalikan kelembaban kulit yang kering dengan madu. Bahan alami yang satu ini juga ampuh menangani permasalahan bibir serta tumit yang kering, pecah-pecah dan siku yang kasar.

3. Mandi cepat
Janganlah  mandi terlalu lama. Sebab mandi sangat lama juga membikin kulit makin kering. Diluar itu, dari pada mandi air panas, baiknya pakai air yang sedikit hangat untuk membersihkan badan.

4. Pelembap
Gunakan selalu pelembab sesudah mandi. Hal ini bermanfaat agar kelembaban dapat terbangun dalam periode waktu yang lama. Baby oil dapat dipakai supaya kulit makin lembap serta kenyal.

5. Minyak zaitun
Terkecuali menyehatkan badan, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Sebab minyak zaitun menolong kulit kembali terlihat lebih lembap akibat kekeringan.

6. Makanan
Terkecuali perawatan dari luar, Anda juga butuh memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Baiknya nikmati makanan yang kaya asam lemak, vitamin C, magnesium, serta beta-carotene. Umpamanya salmon, cokelat hitam, ikan, mangga, serta jeruk.

7. Minum air
Janganlah malas minum air putih minimal delapan gelas satu hari. Hal ini akan bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami kulit anda.


Semoga artikel tersebut diatas berguna ya, sobat Ladies. Selamat mencoba. Jangan lupa untuk membagi jika bermanfaat.

Ciri Kulit Kering, Penyebab Dan Cara Merawatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Windy Natural Soap